MEMBANGUN JIWA KEWIRAHUSAAN DARI SUSU MBOK DARMI
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan
inovatif yang dijadikan dasar,kiat dan sumber daya untuk mencari peluang
menuju sukses. Sesuatu yang baru dan berbeda adalah nilai tambah barang
dan jasa yang menjadi sumber keunggulan untuk dijadikan peluang. Jadi,
kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai
tambah di pasar melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara
baru dan berbeda. Maka dari itu, sebagai bentuk percontohan wirausaha,
kami melakukan wawancara dengan owner Susu Mbok Darmi, di Baranang
Siang, Kota Bogor.
Susu adalah cairan bergizi warna putih yang dihasilkan oleh kelenjar
susu mamalia, salah satunya adalah susu sapi perah. Rasa asli susu sapi
biasanya tawar. Susu biasanya dikenal sebagai minuman
penguat tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dimilikinya.
Tetapi, sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi yang ada,
misalnya fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam
amino dan asam pantotenat. Tentu kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk
menunjang kesehatan tubuh Anda.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara meningkatkan keuntungan usaha tersebut?
2. Bagaimana meningkatkan daya tarik usaha tersebut?
3. Bagaimana inovasi yang akan diterapkan dalam usaha tersebut?
1.3 Tujuan
1. Meneladani karakter yang dimiliki oleh seorang entrepreneur
2. Memberikan inpirasi kepada mahasiswa untuk berani memulai
usaha
3. Memotivasi mahasiswa untuk mencapai impiannya
BAB II ISI
2.1 Hasil Pengamatan
2.1.1 Sejarah Dhony Pratama dalam mengembangkan usaha Susu
Mbok Darmi
Dhony Pratama adalah seorang owner dan pendiri Susu Mbok
Darmi jajanan mahasiswa terkenal yang berdomisili di Kota Bogor.
Susu Mbok Darmi didirikan olehnya dan dikembangkan selama lima
tahun. Dhony Pratama aslinya berasal dari Pontianak. Ia merantau
dan kuliah di Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu Nutrisi dan
Teknologi Pangan. Sebelumnya beberapa usaha bisnis telah ia
lakoni sebelumnya, seperti bisnis susu murni, keripik Maeci, dan
juga Coboy Shake. Akan tetapi bisnis yang ia jalani sempat
mengalami kemunduran dan kemajuan. Maeci yang ia jalani tak
mampu berjalan lama, usaha Coboy Shake yang ia lakoni bersama
empat temannya tidak berjalan mulus. Hingga ia berhenti dari usha
bisnisnya dan memilih mendirikan usaha baru dari industri minuman
susu segar dengan tambahan inovasi dan ide yang ia kembangkan
bersama teman-temannya.
Awal dari titik balik usahnya saat ia menginjak semester 4 di
IPB. Terinspirasi dari kompetitor usahanya, Momo Shake ia mencari
ide mengenai industri pengolahan susu dengan kadar lemak yang
tinggi, rasa yang enak, tahan lama, dan strategi penjualan usaha
barunya. Bersama partner usahanya, Saeful Ansor ia mendirikan
Susu Mbok Darmi dan terus berlanjut hingga sekarang.
2.1.2 Keuntungan dalam Usaha Susu Mbok Darmi
Di awal karirnya dalam menjalankan bisnis barunya itu, ia baru
bisa mengumpulkan keuntungan awal dari penjualan sepuluh liter
susu segar sebesar tiga juta rupiah selam satu minggu pertama.
Berawal dari kantin Fapet, merambah ke Pasar Babakan Raya
selama satu tahun, sampai berkembang menjadi sepuluh outlet
penjualan dengan mayoritas konsumen yang berasal dari kalangan
menengah ke atas yang tersebar di Kota Bogor dan berencana untuk
mengembangkan usahanya ke wilayah Jabodetabek dengan sistem
penjualan berbasis gerobak/kaki lima. Kini, setelah lima tahun
lamanya, omset Susu Mbok Darmi mencapai 300 juta rupiah per
bulannya.
2.1.3 Kendala
Usaha Susu Mbok Darmi memiliki kendala dalam hal menyewa
tempat untuk berjualan karena harga tidak sesuai budget yang telah
dianggarkan. Selain itu, Bang Doni harus pembagian prioritas antara
kuliah dan usaha. Ia juga harus menyelesaikan permasalahan tempat.
Fakultas Peternakan IPB ada tempat yang disediakan pihak dekan
untuk mahasiswa yang berbisnis. Banyaknya mahasiswa yang awal
ingin berbisnis hanya setengah jalan sehingga pihak fakultas tidak
mudah lagi memberikan izin terhadap mahasiswa. Bang Doni baru
bisa membuka bisnis di kantin Fakultas Peternakan setelah tiga kali
mengajukan proposal ke dekan fakultas.
2.1.4 Pesan
Bang Doni berpesan kepada calon wirausahawan bahwa kita harus
berani memulai dan menanggung risiko karena uang yang keluar sama
dengan pengalaman yang didapat. Setiap orang tidak harus menjadi
entrepreneur karena tidak semua orang memiliki inovasi. Kita harus
mencari mitra yang bisa kita percaya, dan sesuai dengan keadaan kita.
Menurutnya, sifat manusia ada yang inovatif dan ada yang pekerja
keras. Tentukan diri kita apakah inovatif ataukah pekerja keras.
Kemudian tentukan mitra kerja kita yang sesuai dengan apa yang kita
butuhkan.
2.1.5 Inovasi Kelompok 6
Inovasi kami dalam mengembangkan usaha Susu Mbok Darmi
adalah, dengan meningkatkan kuantitas penjualan melalui penggunaan
sistem promosi online. Karena berdasarkan wawancara yang kami
lakukan dari owner Susu Mbok Darmi, selama ini usaha Susu Mbok
Darmi hanya berkembang dari mulut ke mulut tanpa ada promosi secara
online yang masif melalui berbagai website online ataupun sosial media
seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain. Sehingga penjualan Susu
Mbok Darmi terhenti di 300-350 liter susu dalam sehari.
Selain itu, perlu dilakukan peningkatan penjualan Susu Mbok
Darmi dengan memperbanyak konsumen. Selama ini, sasaran konsumen
Susu Mbok Darmi berasal dari kalangan menengah ke bawah, sehingga
penjualan susu dilakukan dengan menggunakan gerobak. Sehingga
perlu peningkatan konsumen yang berasal dari kalangan menengah ke
atas dengan penjualan berbasis cafe guna meningkatkan penghasilan
dari Susu Mbok Darmi ini.
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan kami maka didapatkan kesimpulan
sebagai berikut:
1. Susu Mbok Darmi adalah jajanan favorit bagi para mahasiswa
atupun masyarakat sekitar yang sehat dan bergizi tinggi karena
berbahan susu murni dan harganya murah.
2. Susu Mbok Darmi tidak hanya menyajikan sekedar susu murni
saja, tetapi berinovasi menjual olahan susu dengan berbagai
varian rasa yang berbeda dengan para kompetitornya dengan
harga yang lebih terjangkau
3. Dengan usaha ini Dhony Pratama sang owner mampu memenuhi
kebutuhannya sehari-hari bbahan hingga jenjang S2 dengan hasil
usahanya.
mas klu mau franchise modal awalnya brp ya ?
BalasHapussaya mau dong gabung buka usaha jualan susu embo darmi. boleh minta petunjuk agar saya bisa buka usaha susu embo darmi ?
BalasHapussaya klo mau jualan gmna joinnya mas.
BalasHapusMas gimna caranya agar saya bisa gabung
BalasHapusBisa tanggapan nya..saya gabung bisnis susu in
BalasHapusMohon petunjuk jya
Mas saya mau gabung
BalasHapusMas sy mau dong
BalasHapusMas sy mau dong ikut gabung...sy d daerah pasar leuwiliang d sini blm ada
BalasHapussaya mau frienchiese, ada nomor yg bisa di hub tidak
BalasHapus